4 Masjid Bersejarah di Jakarta,Cocok Untuk Ngabuburit

Meskipun fungsi drum bisa diganti dengan pengeras suara, dalam menentukan tanda waktu shalat, tetapi di Masjid Istiqlal, drum masih digunakan. Selain itu, drum raksasa masjid juga berfungsi sebagai hiasan dan sekaligus melestarikan salah satu budaya Islam Indonesia.

Rumah utama terhubung ke teras dan koridor yang mengelilingi halaman terbuka yang besar. Teras terbuka yang luas ini memiliki luas 29.800 meter persegi dalam bentuk ubin keramik berbalut batu yang diatur sesuai dengan poros doa di sisi dan belakang rumah utama.

4 Masjid Bersejarah di Jakarta,Cocok Untuk Ngabuburit

Kubah yang lebih kecil dengan diameter 8 meter dimahkotai di bangunan pengawalan. Masjid di Penjaringan, Jakarta Utara memiliki sejarah panjang.

Baca Juga: List Daftar Harga Kubah Masjid Di Jakarta

Dibangun pada 1756, masjid ini awalnya hanya berupa masjid kecil. Ini terkait erat dengan peran Jakarta Utara sebagai kota pelabuhan dan surga bagi orang-orang dari berbagai latar belakang etnis dan nasional.

Seperti Masjid Al-Makmur Cikini, masjid ini juga diresmikan sebagai situs warisan yang dilindungi oleh pemerintah.

Tidak hanya sebagai tempat shalat, Masjid Istiqlal juga memiliki nilai sejarah yang besar. Gagasan membangun masjid muncul setelah empat tahun deklarasi kemerdekaan.

Dikombinasikan dengan puncak penobatan menara, terbuat dari kerangka baja setinggi 30 meter yang melambangkan 30 juz ‘dalam Al-Quran, ketinggian total menara adalah 96,66 meter. Selain lorong teras, ada juga lorong di tengah yang menghubungkan gerbang Al Fattah ke gerbang Ar Rozzaq.

Angka “12” yang dilambangkan dengan 12 pilar melambangkan hari kelahiran Nabi Muhammad, Rabiul Awwal ke-12, dan juga melambangkan 12 bulan kalender Islam (juga kalender Kristen) dalam satu tahun.

Empat tingkat balkon dan lantai utama melambangkan angka “5” yang melambangkan lima rukun Islam dan pada saat yang sama melambangkan Pancasila, filosofi kebangsaan Indonesia.

Teras ini cocok untuk jamaah saat sholat Ied dan Idul Adha. Koridor di sekitar teras bagian dalam menghubungkan bangunan utama ke menara masjid.

Tidak seperti masjid di Arab, Persia, Turki dan arsitektur Islam India dengan banyak menara, Istiqlal hanya memiliki satu menara yang melambangkan Kesatuan Allah.

Struktur menara berbalut marmer setinggi 66,66 meter (6,666 cm) dan melambangkan 6.666 ayat dalam pengamatan tradisional dalam Al-Quran.

Jika masjid pasti mengarah ke Mekah, sudut-sudut koridor ini mengarah ke Monumen Nasional, untuk menunjukkan bahwa masjid ini adalah masjid nasional Republik Indonesia. Kubah utama didukung oleh 12 pilar pemujaan utama, dengan tepi melingkar dari dasar kubah, dikelilingi oleh empat tingkat balkon.

Dirancang oleh Frederich Silaban, masjid ini memiliki gaya arsitektur internasional dan dapat menampung hingga 200.000 jamaah. Ini bisa dilihat di banyak masjid bersejarah yang berusia ratusan tahun di berbagai bagian Jakarta. Masjid adalah tempat ibadah, tempat berdakwah, mengajar dan kegiatan lainnya.

Masjid Islamic Center Jakarta dengan luas pembangunan 2.200 meter dapat menampung 20.680 jemaah sekaligus. contractorkubahmasjid.com Untuk menyambut ambisi besar bagi kemajuan umat Islam, mereka akan digantung di Masjid Islamic Center Jakarta.

Bahkan baru-baru ini, Presiden Joko Widodo mengatakan akan ada terowongan persahabatan yang menghubungkan kedua tempat ibadah tersebut sehingga makna toleransi akan menjadi lebih tegas.

Dana pemulihan, kata Abyan, diperoleh dari sumbangan dari masyarakat sekitar dan bantuan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan yayasan terkait, yaitu Lingkaran Kota Tua Jakarta.

Meski begitu, dia mengakui bahwa kadang-kadang dia berjuang untuk mendapatkan sesuatu untuk memulihkan masjid. Ini tentu saja tidak dicintai oleh Kompeni sebagai penguasa saat itu.

Semua kegiatan masjid ini, baik shalat Jumat dan majelis taklim, selalu diawasi oleh Perusahaan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>