Khasiat Utama Dari Daun Mimba

Daun intaran atau pohon Mimba yang dalam bahasa Inggris disebut pohon Mimba adalah tanaman yang memiliki jutaan manfaat.

Tidak hanya daunnya, ternyata pohon Mimba ini dari kulitnya, biji, akarnya, bunga, dan buahnya dapat digunakan untuk kesehatan. Apa manfaatnya? Lihat di bawah.

Khasiat Utama Dari Daun Mimba

Ikhtisar tanaman Mimba

Tanaman Mimba yang memiliki nama asli Azadirachta indica adalah tanaman yang biasa ditemukan di negara-negara tropis seperti India, Pakistan dan Indonesia.

Baca Juga: Tips Merawat Pohon Ketapang Kencana

Tumbuhan ini dapat ditemukan di hampir semua wilayah. Hampir semua bagian pohon mimba memiliki khasiat obat. Seringkali bagian dari tanaman Mimba digunakan sebagai ekstrak, minyak, atau direbus untuk air minum.

Bagian-bagian dari pohon Mimba dan berbagai fungsinya

Daun mimba digunakan untuk kusta, gangguan mata, pilek, sakit perut, kehilangan nafsu makan, gejala mulas, penyakit jantung, penyakit jantung, demam, penyakit gusi, dan juga penyakit hati.

Ekstrak dari kulit kayu digunakan untuk membantu mengobati malaria, penyakit kulit, nyeri, dan demam. Kulit pohon mimba pada waktu tertentu setiap tahun menghasilkan sejumlah besar cairan. Cairan ini diminum sebagai obat perut di India.

Bunga dari pohon ini juga dapat digunakan untuk membantu mengobati wasir (wasir), cacingan, gangguan saluran kemih, dahak, luka, dan kusta.

Cabang-cabang pohon Mimba digunakan untuk membantu mengobati batuk dan asma. Biji dan minyak biji dari pohon ini digunakan untuk membantu menyembuhkan kusta dan cacingan. Batang, akar, dan buah dari pohon ini dapat digunakan sebagai tonik permukaan.

Apa fungsi daun mimba untuk tubuh?

1. Antioksidan

Antioksidan dapat secara signifikan membantu anda dalam melindungi semua sel di tubuh Anda  dan mencegah dari serangan efek radikal bebas. Daun mimba mengandung banyak flavonoid seperti quercetin, katekin, karoten, asam askorbat. Semua komponen ini adalah sumber antioksidan. Tidak heran tanaman Mimba juga sering digunakan sebagai obat kulit. Selain itu, daun mimba memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi.

Senyawa ini membantu mengurangi terjadinya kerusakan pada sel kulit mati. Bahkan, antioksidan pada tanaman mimba juga menjadi antiseptik sehingga mereka dapat membantu mengatasi jerawat dan kemerahan pada kulit wajah.

2. Anti kanker

Daun mimba dapat digunakan sebagai obat anti kanker. Pemberian ekstrak daun Mimba secara efektif mampu menekan sifat karsinogenik dalam tubuh.

Dilaporkan pada halaman Livestrong, ekstrak daun Mimba diduga berpotensi memiliki sifat anti-kanker, membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker.

Sebuah studi tahun 2012 di Archives of Gynecology and Obstetrics menemukan bahwa pasien kanker serviks yang dirawat dengan perawatan medis dan ekstrak Mimba dapat mencegah peningkatan keparahan sel kanker untuk mengurangi risiko kematian akibat kanker serviks. Sementara itu, penelitian lain melaporkan bahwa ekstrak Mimba memiliki efek anti-kanker pada pertumbuhan sel kanker prostat.

3. Antimikroba

Daun mimba memiliki sifat antimikroba yang berpotensi membantu mencegah atau mengurangi pertumbuhan kuman jahat (kuman). Penelitian dalam 2011 Dental Journal menunjukkan bahwa minyak Mimba yang terbuat dari biji pohon Mimba dapat memperlambat pertumbuhan mikroorganisme di rongga mulut.

Daun mimba juga mengandung senyawa bioaktif yang disebut alkaloid, steroid dan flavonoid, dan tanin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella dan E. Coli.

Manfaat Daun Mimba

Cara Mengatasi Jerawat

Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat di wajah, zat daun Mimba alami ini bisa menjadi solusinya. Dipercayai bahwa daun mimba menghilangkan jerawat.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memasak daun mimba. Tunggu hingga air rebusan dingin dan cuci muka dengan air rebusan. Anda dapat melakukan ini secara teratur.

Melembabkan kulit

Kulit kering adalah salah satu masalah yang sangat mempengaruhi penampilan.

Daun mimba juga bisa digunakan sebagai masker untuk melembabkan kulit agar tidak mengering.

Caranya adalah Anda bisa mencampurkan daun mimba dengan mencampur semur daun mimba dengan jeruk, madu, yogurt, dan susu kedelai. Topeng ini bisa diaplikasikan pada wajah Anda tiga kali seminggu.

Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Pori-pori kulit sering menyebabkan masalah pada wajah. Untuk mengatasi masalah pori-pori kulit yang besar, daun Mimba dapat digunakan sebagai masker wajah. Pori-pori wajah kecil mencegah jerawat dan flek hitam pada wajah. Demi mempertahankan tampilan dan kekuatan wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *