Morfologi Sengon Solomon

Beberapa ciri sengon Solomon ialah kelihatan unik dibanding type sengon yang lain. Satu diantara type tanaman sengon, yang sekarang ini paling banyak dicari ialah Solomon. Ini sebab bibit dari sengon Solomon begitu menjanjikan hasil yang besar bila dibanding dengan bibit sengon yang lain.

Kayu dari sengon ini seringkali dipakai dalam beberapa kepentingan yang ada erat kaitanya dengan pembuatan bahan perlengkapan meubel, furniture,peti dan kayu lapis. Diketahui juga bahwa sengon solomon yang dengan nama latin paraserianthes falcataria atau kerap disebut dengan satu type tanaman pada kayu yang memiliki banyak kelebihan bila ditanam di hutan rimba. Supaya nantintya dapat memperoleh bibit yang pas tersebut keterangan tentang beberapa ciri sengon Solomon:

Morfologi Sengon Solomon

Berbatang Lurus Serta Memiliki Cabang Dikit

Batang serta cabang pohon sengon Solomon adalah ciri penting yang paling disenangi oleh kebanyakan orang. Diketahui juga bahwa untuk menjadi bibit favorit,batang kayu sengon Solomon ini condong tegak lurus. Sengon solomon ini begitu sangat menguntungkan ketika sudah tumbuh besar,hal ini dapat benar-benar sangat menjanjikan jika pada waktu masa panen di waktu depan dapat dibandrol dengan harga pulihan hingga rastusan juta. Serta diluar itu terdapat cabang yang ada pada batang sangat amat sedikit sehingga akan menghambat pada perkembangan dari tanaman ini,guna akan saling fokus pada batang.

Daun Berwarna Hijau Pekat Serta Lebar

Beberapa ciri pohon Sengon Solomon bagian ke-2 ini merupakan hal ter favorit dari jenis kayu sengon Solomon yaitu terletak pada bagian daunnya. Seckilas bila dilihat lebih mendalam lagi,pohon sengon Solomon ini memiliki daun yang memiliki bentuk lebih lebar bila dibanding dengan sengon biasa. Sehingga bila dilihat secara spesifik maka daun sengon Solomon ini akan cenderung seperti kelihatan berlainan. Namun,diluar itu bagian daun sengon Solomon memiliki ukuran yang sedikit lebih lebar, serta adanya serat yang ada pada dasar daun yeng membuatĀ  makin memperbedakan dengan sengon jenis yang lain.

Baca Juga: Khasiat Utama Jeruk Limau

Batang Yang Berwarna Putih.

Tidak hanya pada bagian ciri dari daun sengon solomon ini saja,serta terdapat beberapa bentuk batang yang condong lurus, dengan dominansi warna dari batang sengon Solomon yang menonjol,sehingga sangat mempertegas akan nilai jual dari sengon solomon ini,dengan campuran warna yang ditambah dengan beragam corak yang lebih cerah. Ini bila dibanding dengan bibit sengon biasa yang lain, batang dari sengon Solomon mempunyai warna putih. Oleh karenanya, bila disbanding dengan bibit yang lain, bibit sengon Solomon akan kelihatan dikit lebih cerah.

Itu ke-3 beberapa ciri sengon Solomon yang perlu didapati supaya tidak salah dalam pilih bibit sengon. Dengan tahu bibit itu, diinginkan supaya tidak keliru dalam pilih bibit yang pas. Sebab bila keliru dalam pilih bibit jadi akan rugi sebab sengon Solomon adalah type sengon yang begitu menjanjikan saat waktu panen telah datang. 

Manfaat Sengon Solomon

Ekologi Sengon Solomon

Pohon Sengon Solomon umumnya banyak dijumpai di daerah-daerah dengan kisaran curah hujan tahunan antara 650-2.500 mm; Pohon Sengon Solomon dapat tumbuh secara optimal pada kisaran curah hujan 950-1450 mm per tahun, dan masih sangat toleran sampai curah hujan mencapai 2500 mm per tahun, akan tetapi harus mempunyai  sistem drainase yang baik. Habitat asli pohon ini haruslah berada pada musim kering yang lama dan juga musim hujan yang pendek, 2- 3 bulan per tahun (Hamzah, 1976).

Pohon Sengon Solomon ini dapat tumbuh alami sampai ketinggian mencapai 1800 m di atas permukaan laut, dan juga mempunyai mutu kayu terbaik yang mana hal ini dapat diperoleh dengan sangat mudah jika pohon Sengon Solomon ini mampu hidup dengan subur dan berada pada ketinggian antara 650-950 m.

Sengon Solomon sangat memerlukan banyak paparan sinar matahari dan banyak dijumpai dan tumbuh baik pada hutan hutandi seluruh alam yang terbuka dan pada daerah di pinggiran hutan. Ketika terjadi pemanasan dalam kurun waktu yang cukup lama dan ditambah dengan intensitas cahaya matahari yang sangat tinggi,maka dapat menyebabkan banyak kayu-kayu gubal yang mengelupas, terutama pada pohon-pohon yang sudah tua; suhu yang tinggi juga dapat membunuh semai-semai yang baru berkecambah.

Akibat mengelupasnya kayu-kayu gubal pada pohonpohon Sengon Solomon yang sudah tua, sehingga bagian kayu yang terbuka akan kelihatan.

Kayu Sengon Solomon wangi atau dalam nama ilmiah di sebut (Santalum album) pohon ini sudah sangat langka dan harganya pun sangatlah fantastis. Pohon Sengon Solomon ini awalnya terdapat di kawasan Mysoram dari negara India bagian selatan. Pohon Sengon Solomon ini biasanya dianggap sebagai penghasil kayu yang paling bagus kualitasnya.Di negara Indonesia jenis kayu Sengon Solomon dari Timor juga sangat dihargai mahal di karenakan sudah sangat langka.Bibit Pohon Sengon Solomon

Tak heran jika sejumlah pakar aromaterapi dan parfum biasa menggunakan kayu Sengon Solomon jenis jenggi (Santalum spicatum). Dari kedua jenis kayu ini sangatlah berbeda terutama pada kadar konsentrasinya,dan terlebih lagi ketika bahan kimia yang dikandungnya juga sangat berbeda, dan oleh karena itu kadar harumnya pun juga berbeda.

Kayu Sengon Solomon banyak dianggap sebagai obat alternatif herbal untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Sedangkan untuk Minyak yang terbuat dari kayu Sengon Solomon ini,mempunyai harga yang sangat mahal dalam bentuknya yang murni, dan dapat juga digunakan untuk penyembuhan dengan cara Ayurveda, dan juga ampuh untuk menghilangkan rasa cemas.

Habitat Pohon Sengon Solomon

Secara umum terdapat dua jenis Sengon Solomon. Yang pertama adalah Sengon Solomon Merah, dan satu lagi adalah Sengon Solomon Putih. Yang mana semuanya itu terdpaat di kawasan hutan di Indonesia yakni di Kalimantan dan Sumatera Barat

Jenis Pohon Sengon Solomon ini merupakan jenis pohon yang banyak di temukan tumbuh bebas ketika berada di daerah kawasan Asia Barat seperti di Funan dan juga India, sementara jenis pohon Sengon Solomon Putih ini sangat banyak di temukan tumbuh bebas di provinsi Nusa Tenggara Timur, atau lebih tepatnya berada di antara di Pulau Flores, Solor, Alor, Sumba, Adonara, Timor, Rote, Lomblen, Pantar, dan Sabu. 

Namun pohon Gaharu kini sangat banyak ditemukan tumbuh di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Tak heran bahwa Pulau Sumba pada zaman dahulu kala kerap disebut juga dengan nama Sandalwood Island. Julukan ini kemudian dibawa terus secara turun temurun semenjak zaman Belanda hingga sekarang.

Pohon Sengon Solomon yang ini juga mempunyai kualitas grade A akan mempunyai warna sedikit kecoklatan serta relatif lebih dibanding dengan kualitas gaharu lain nya.

Kebanyakan orang akan sering susah dalam memastikan harga pohon gaharu yang telah umur 5 tahun. karena waktu pohon gaharu tumbuh besar, tanda-tanda dari tumbuh nya pohon ini akan dipengaruhi oleh diameter pohon yang mulai membesar.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>